2 januari dalam sejarah dunia -->

Rabu, 02 Januari 2013

2 januari dalam sejarah dunia




Isaac Asimov Lahir
2 Januari tahun 1920, Isaac Asimov, seorang penulis dan ahli kimia terkenal Rusia, terlahir ke dunia. Asimov amat menyenangi ilmu kimia dan di bidang inilah ia meraih gelar doktornya. Namun, yang menjadikan Asimov lebih terkenal daripada ilmuwan lainnya adalah kemampuannya menerangkan masalah ilmiah dengan bahasa yang sederhana kepada masyarakat, terutama kepada pemuda dan remaja. Asimov menghasilkan karya-karya penulisan sebanyak 280 judul, berupa buku ilmiah, fiksi ilmiah, novel misteri, matematika, dan lain-lain.  
Karya Asimov berupa fiksi ilmiah di antaranya berjudul “Fantastic Voyage” dan “Pebble In The Sky”.  Karyanya di bidang sains antara lain berjudul “Asimov's Biographical Encyclopedia of Science and Technology” dan “Asimov's Chronology of Science and Discovery.”
     
Kotak Pos Modern Pertama
Tanggal 2 Januari 1843, sistem pos sebagaimana yang kita kenal dewasa ini, mulai dijalankan untuk pertama kalinya. Kotak pos pertama di dunia dipasang di kota Wina, Austria. Sebelumnya, distribusi surat dilakukan melalui kurir yang mengendarai kuda, unta, atau menggunakan kapal.

Patrice Lumumba Lahir
Tanggal 2 Januari 1925, Patrice Lumumba, pemimpin perjuangan kemerdekaan rakyat Kongo melawan penjajahan Belgia, terlahir ke dunia. Setelah merdeka, rakyat Kongo membentuk Republik Demokratik Kongo pada tahun 1960. Saat itu, Lumumba terpilih sebagai perdana menteri dan menteri pertahanan. Namun, tak lama setelah merdeka, atas provokasi negara-negara Barat, terutama Belgia dan Amerika Serikat, sebagian rakyat Kongo dari wilayah Katanga, mengumumkan pemisahan diri. Sebagai PM, Lumumba berusaha menstabilkan situasi, namun tidak berhasil karena pemerintahan dan angkatan militernya baru berdiri dan tidak solid.
Kemudian  Lumumba meminta bantuan PBB untuk mengusir tentara Belgia dan membantunya untuk menstabilkan situasi. Namun, PBB tidak berbuat banyak dan malah mengakomodasi pemisahan diri Katanga. Akhirnya, Lumumba meminta bantuan Uni Soviet dan mengajak negara-negara Afrika lain untuk bersatu dengannya melawan imperialis Barat. Langkah Lumumba ini membuat negara-negara Barat and Presiden Kongo, Kasavubu, yang pro-Barat, cemas dan khawatir. Akhirnya, Lumumba dipecat dari posisinya dan  akhirnya dibunuh.

Publius Ovidius Naso Meninggal
Tanggal 2 Januari tahun 69, Publius Ovidius Naso, yang dikenal dengan julukan Ovid,  seorang penyair Romawi terkenal, meninggal dunia. Dia dilahirkan tanggal 20 Maret 43 SM, yaitu  setahun setelah tewasnya Julius Caesar.  Ayah Ovid menginginkannya menjadi politikus, namun Ovid lebih menyukai dunia sastra. Sebelum berusia 20 tahun, Ovid telah membacakan syair-syairnya di depan khalayak. Ketika Ovid mencapai usia 30, dia menjadi penyair Roma yang paling sukses saat itu. Kesuksesannya berlangsung sampai usianya ke-50 tahun, ketika Kaisar Agustinus membuangnya dengan alasan yang tidak diketahui hingga kini. Di tempat pembuangannya, yaitu di kota Tomis di tepi Laut Hitam, Ovid menulis syair-syair mengenai keterasingan.
Publius Ovidius Naso adalah penyair yang paling berpengaruh pada Abad Pertengahan dan banyak penyair-penyair besar di zaman setelahnya yang terpengaruh oleh syair-syairnya, di antaranya William Shakespeare dan John Milton.


Description: 2 januari dalam sejarah dunia Rating: 4.5 Reviewer: agam santika ItemReviewed: 2 januari dalam sejarah dunia
2 januari dalam sejarah dunia
Published by: Download kebutuhan Terbaru | AgamSantika
Rating: 5
Thanks for reading! Suka dengan artikel ini? Please link back artikel ini dengan codedi bawah atau share dengan sharing buttons di bawah. Copy paste wajib dengan ijin saya, serta menggunakan link sumber seperti di bawah. Gunakan etika. Saya akan berlakukan DMCA COMPLAINT secara langsung tanpa pemberitahuan atas copas tanpa mengikuti ketentuan yg berlaku.

Posted by: agamsantika
agamsantika, Updated at: 07.08

0 komentar:

Posting Komentar